Selasa, 15 Mei 2018

I Spring Suite 8


Membuat Multimedia Interaktif dengan Menggunakan I-Spring Suite 8
A.      Pengertian Multimedia Interaktif
Multimedia merupakan perpaduan antara berbagai media (format) file yang berupa teks, gambar, audio, video, grafik, animasi, interaksi dan lain-lain yang telah dikemas menjadi file digital dan digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik. Sedangkan interaktif terkait komunikasi dua arah atau lebih dari komponen-komponen komunikasi. Komponen komunikasi di dalam multimedia interaktif adalah hubungan antara manusia sebagai pengguna dengan komputer yang berupa software/ aplikasi/ produk tertentu. Interaktif dalam multimedia meliputi: 1) pengguna (user), dilibatkan untuk berinteraksi dengan program aplikasi; 2) aplikasi informasi interaktif bertujuan agar pengguna bisa mendapatkan informasi yang diinginkan saja tanpa harus mengambil semuanya.
 Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif merupakan penggunaan berbagai media (teks, audio, video, gambar, animasi, grafik dan lain-lain) untuk menyampaikan pesan kepada publik melalui sebuah aplikasi dalam program komputer yang telah dirancang sebelumnya. Adapun pengertian mengenai multimedia interaktif menurut beberapa tokoh yang terdapat di dalam bukunya Munir (2015: 110) yaitu sebagai berikut:  
1.       Munir
multimedia interaktif adalah suatu tampilan multimedia yang dirancang oleh desainer agar tampilannya memenuhi fungsi menginformasikan pesan dan memiliki interaktifitas kepada penggunanya (user).
2.       Elsom-Cook
Multimedia interaktif adalah kombinasi dari berbagai komunikasi saluran menjadi pengalaman komunikatif terkoordinasi yang bahasa lintas-channel yang terintegrasi penafsiran tidak ada.
3.       Reddi & Mishra
Multimedia interaktif merupakan suatu integrasi elemen beberapa media (audio, video, grafik, gambar, teks, animasi, dan lain-lain) menjadi satu kesatuan yang sinergis dan simbiosis yang menghasilkan manfaat lebih bagi pengguna akhir dari salah satu unsur media bagi individu.
B.      I-spring Suite 8
i- Spring Suite 8  adalah salah satu software yang dapat menjadikan penampilan Powerpoint lebih menarik dan interaktif berbasis Flash dan dapat dibuka di hampir setiap komputer atau platform. Ispring Suit merupakan salah satu tool yang mengubah file presentasi yang kompatibel dengan power point untuk dijadikan dalam bentuk flash. Perangkat lunak. I-spring tersedia dalam versi free (gratis) dan pro (berbayar). Ispring Suit secara mudah dapat diintegrasikan dalam Microsoft Power Point sehingga Anda tidak membutuhkan keahlian khusus. Beberapa fitur Ispring Suit adalah:
·         Ispring suit bekerja sebagai add-ins
·         Dikembangkan untuk mendukung e-learning.
·         Membuat kuis dengan berbagai jenis pertanyaan/soal
C.      Penggunaan I-Spring Suite 8 Dalam Pembuatan Multimedia Interaktif
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, I-Spring Suite merupakan aplikasi yang dapat membuat pesan yang ingin kita sampaikan kepada publik berupa power point menjadi lebih menarik lagi. Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh I-spring Suite adalah sebagai berikut:
1.       iSpring dapat menyisipkan berbagai bentuk media, sehingga media pembelajaran yang dihasilkan akan lebih menarik, diantaranya adalah dapat merekam dan sinkronisasi video presenter, menambahkan Flash dan video YouTube, mengimpor atau merekam audio, menambahkan informasi pembuat presentasi dan logo perusahaan, serta membuat navigasi dan desain yang menarik.
2.       Mudah didistribusikan dalam format flash, yang dapat digunakan dimanapun dan dioptimalkan untuk web. iSpring Suite 8 bekerja sebagai add-in Powerpoint, untuk menjadikan file .
3.       Membuat kuis dengan berbagai jenis pertanyaan/soal yaitu : True/False, Multiple Choice, Multiple response, Type In, Matching, Sequence, numeric, Fill in the Blank, Multiple Choice Text.
Langkah-langkah pembuatan multimedia interaktif dengan menggunakan I-spring suite 8 adalah sebagai berikut ini:


1. Install aplikasi Ispring Suite 8
2. Siapkan bahan ajar atau materi berupa power point yang akan dibuat multimedianya.
3. Pada slide pertama berupa pembuka bisa berupa "assalamualaikum" atau "Selamat Datang" bisa disisipkan audio, video, gambar atau yang lainnya. dengan cara klik insert pada bagian atas sebelah kiri, di sana anda bisa pilih mau menyisipkan video atau audio atau pilih ispring suite 8, kemudian anda pilih audio record berupa narasi yang akan anda buat atau video record.
4. Pada tampilan selanjutnya, misalnya anda mau menyisipkan video, maka anda bisa langsung klik insert pada bagian atas sebelah kiri kemudian pilih video atau bisa langsung klik insert media clip yang terdapat di dalam slide lalu kalian pilih video yang akan disisipkan dari folder kalian lalu klik open. Kalau aplikasinya mendukung, maka video tersebut dapat disisipkan pada slide ppt dengan sukses, namun jika tidak mendukung maka kalian harus merubah jenis video yang akan kalian sisipkan dengan cara :
·         klik kanan pada video yang akan kalian gunakan
·       pilih format factory
·         pilih jenis videonya dengan wmv, lalu klik ok
·         pilih mulai
·         kalau sudah beres, maka klik selesai.
Kalau jenis video nya sudah diganti, maka kalian bisa sukses menyisipkan video pada tampilan slide ppt.
5. pada slide selanjutnya, misalnya kalian mau menyisipkan quiz. Maka kalian tinggal klik i spring suite 8 kemudian kalian pilih quiz pada tengah atas. Kemudian kalian klik graded quiz lalu pilih jenis quiz yang akan kalian buat dengan cara mengklik jenis quiz pada graded quiz yang terdapat di kiri atas. Kemudian kalian kalian bisa langsung mulai mengetik soal di kolom true/ false question dan klik jawaban yang benarnya di kolom answer yang berada di bawahnya jika jenis quiznya berupa benar/ salah. Setelah itu kalian pilih duplicate kemudian kalian klik no 2 yang berada di pinggir kiri lalu kalian edit dengan soal no 2 dan seterusnya sampai dengan selesai jumlah soal yang kalian inginkan. Setelah itu klik file lalu pilih save and return pada atas kiri.

6.  Setelah ppt dengan multimedia selesai maka kalian pilih publish, kemudian pada pengaturan general kalian tulis nama filenya, disimpan di folder mana, klik all slides, klik executable (EXE), playernya pilih universal full. Kemudian pada pengaturan advanced kalian klik semua pada detach media content sebelah kanan atas dan sebelah kiri nya kalian klik fit to window dan enable slide video controls lalu kalian pilih background untuk tampilan ppt. 
      Setelah semua pengaturan selesai maka kalian klik publish di kanan bawah. Kalau sukses maka akan muncul tampilanseperti berikut ini

Untuk lebih jelasnya, perhatikan video langkah-langkah pembuatan multimedia interaktif dengan menggunakan i Spring Suite 8 berikut ini!


DAFTAR PUSTAKA
Darmawan, Deni. (2014). Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia Dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Darmawan, Deni. (2017). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munir. (2015). Multimedia: Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
tn. nd. (2015). Ispring Suite 8 Aplikasi Media. (online). Terdapat di: http://technoedukasi.blogspot.co.id/2015/12/ispring-suite-8-aplikasi-media.html (11 Mei 2018).

1 komentar:

LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN M-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI HOT LAVA MOBILE

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT M-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN HOT LAVA JAVA Untuk bisa membuat M-Learning dengan menggunakan Hot Lava, maka pe...