Selasa, 12 Juni 2018

Membuat Digital Book menggunakan 3D Page Flip Profesional



Buku digital atau buku elektronik, disingkat e-book, atau ebook, adalah bentuk digital dari buku cetak. Buku cetak pada umumnya terdiri atas setumpuk kertas dijilid yang berisi teks atau teks dan atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang dapat berisi teks, gambar, audio, video.

Fungsi Buku Digital

a. Sebagai salah satu alternatif media belajar.

b. Berbeda dengan buku cetak, buku digital dapat memuat konten multimedia di dalamnya sehingga dapat menyajikan bahan ajar yang lebih menarik dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

c. Sebagai media berbagi informasi.

d. Dibandingkan dengan buku cetak, buku digital dapat disebarluaskan secara lebih mudah, baik melalui media seperti website, kelas maya, email dan media digital yang lain.

e. Seseorang dengan mudah dapat menjadi pengarang serta penerbit dari buku yang dibuatnya sendiri.

Tujuan Buku Digital

Ada beberapa tujuan pengembangan buku digital adalah sebagai berikut:

a. Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk lebih mudah berbagi informasi, dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Dengan membuat konten dalam bentuk digital, pengarang tidak perlu mendatangi penerbit  untuk menerbitkan bukunya. Ia cukup berkunjung ke salah satu laman toko buku daring dan mendistribusikan bukunya secara mandiri.

b. Melindungi informasi yang disampaikan.

c. Berbeda dengan buku fisik yang dapat rusak, basah, ataupun hilang, buku digital yang berupa data di komputer terlindungi dari masalah-masalah tersebut. Andaikata data tersebut hilang, pengguna dapat dengan mudah mencari  penggantinya baik dari internet maupun meminta kembali pada pembuat buku.

d. Mempermudah proses memahami materi pelajaran.

f. Dalam perangkat lunak buku digital, Guru dapat memberikan catatan tertentu pada materi, mencari kata atau kalimat tertentu dalam materi, menampilkanfile multimedia (audio dan video) yang dapat diputar untuk memperkaya konten buku. Hal tersebut sangat membantu siswa memahami materi ajar dengan lebih baik dan lebih cepat.

Sedangkan 3D PageFlip Profesional sendiri adalah suatu software yang dapat dimanfaatkan untuk membuat bahan ajar berbentuk ebook digital dengan efek 3D. Software ini mampu mengubah bahan ajar berbentuk PDF, OpenOffice, Microsoft office, gambar menjadi ebook 3D Flash yang menakjubkan dengan berbagai format. Dengan bahan ajar berbentuk 3D Flash ini maka akan memberikan nuansa baru dalam proses pembelajaran di kelas karena guru maupun peserta didik dapat membaca dengan berbagai sudut dengan efek 3D. Software 3D PageFlip Professional ini juga menyediakan pengaturan seperti magazine, dokumen dan sebagainya. Penggunaannya mudah menyebabkan software ini sangat disukai oleh bapak/Ibu guru.

Adapun langkah-langkah pembuatan buku digital dengan menggunakan 3D PageFlip Professional adalah sebagai berikut :

  1.  jika belum memiliki aplikasi 3D PageFlip Professional silahkan diinstal terlebih dahulu lengkap dengan flipbookreadernya.

  1. Buka file yang berbentuk makalah
  2. Klik insert, kemudian pilih cover page untuk membuat atau merubah tampilan cover dari buku digital yang akan dibuat kemudian simpan dalam bentuk pdf.
  1. Buka aplikasi 3D PageFlip Profesional 

5.    Klik “Create New” dan pilih project tipe “Magazine”

6.    Klik “Select Template” jika kita ingin mengubah template bahan ajar 3D yang akan dibuat. Jika tidak ingin mengubah template maka langsung saja klik “OK”.


7.    Klik “Browse” untuk mencari dan memilih file bahan ajar PDF yang sebelumnya telah kita buat dan simpan, lalu klik "import now".
setelah sukses, maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.

8.    Pengaturan desain (Design setting): Kita dapat memilih tipe dokumen yaitu dokument atau magazine. Pilih “magazine”.

9.    Pada menu “Logo setting” pilih “Hide” untuk tidak menampilkan logo.


10. Pilih menu Edit Pages untuk merubah Halaman, misalnya kita ingin menambah gambar, Video, Suara, dll.


11.  Untuk menambah musik, langkah-langkahnya sebagai berikut:


·         klik  “add sound”, kemudian simpan di halaman tempat kita akan menempatkan lagu tersebut

·         klik dua kali pada simbol musik yang kita buat, kemudian pilih file tempat kita akan menggunakan musik tersebut, pilih musik yang akan ditambahkan, Kemudian klik “open”.

·         pada kolom propertis of sound terdapat menu kapan kita akan memainkan musik tersebut. Disana terdapat dua pilihan. Pilihan pertama “when enter the page”, pada pilihan ini musik akan dimainkan secara otomatis ketika masuk pada halaman tersebut. Pilhan kedua “when click play button”, pada pilihan ini musik akan dimainkan ketika kita mengklik simbol play pada tampilan musik.

·         Setelah selesai kemudian pilih menu file kemudian klik “save and exit”.

12. Untuk menambahkan video, yaitu:


·         pilih menu “edit pages”, pilih “add movie”, pilih halaman untuk menambahkan video tersebut

·         klik dua kali pada lokasi video, pilih file tempat kita akan mengambil video yang akan kita tambahkan pada buku digital, pilih video, kemudian klik “open”.

·         Untuk pengaturan tampilan dari video tersebut pada “propertis” klik pengaturan kapan video tersebut akan ditayangkan. Apakah video tersebut akan diputar secara otomatis ketika kita memasuki halaman tempat kita menyimpan video tersebut, maka klik “when enter the page”. Atau kita akan menayangkan  video tersebut secara manual ketika kita mengklik tombol play pada tampilan video tersebut, maka pilih “when click play button”

·         Setelah selesai kemudian pilih menu file kemudian klik “save and exit”.

13. Untuk menambahkan gambar, yaitu:











·         pilih menu “edit pages”,

·         pilih   “add movie”, pilih halaman untuk menambahkan gambar tersebut




·         pada tampilan “propertis” klik “set action”, kemudian pilih tipe tampilan dari gambar tersebut dengan mengklik “3D image sphere”

·         klik “add image”, pilih dari file yang akan kita tampilkan gambarnya,

·         pilih gambar- gambar yang akan ditampilkan, klik open

·         karena tampilan gambarnya berbentuk 3D, maka sebaiknya gambar yang akan kita tambahkan terdiri dari 3 atau lebih gambar, kemudian klik “select all” dan pilih “save”

·         setelah selesai maka pilih file“, kemudian klik “save and exit”.

14. Untuk menyimpan file yang sudah kita buat buku digitalnya, maka dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

·         pilih menu files

·         klik “save project as”.  Tulis nama file dan tentukan lokasi tempat kita akan menyimpan file tersebut.

·         Jika sudah selesai melakukan pengaturan penyimpanan maka klik “Save”.

15. Mempublish digital book dengan bentuk 3D PageFlip 


Untuk mempublish buku digital 3D PageFlip dapat dilakukan dengan cara:

·         klik menu “Publish”

·         untuk bentuk tampilannya pilih 3DP (dapat dibuka di Android maupun window dengan menggunakan aplikasi “3D PageFlip Reader”).

·         Pilih file tempat kita akan menyimpan buku digital tersebut, misalnya di folder E, kemudian klik “Browse” dan berikan nama file. Klik “Convert” jika pengaturan publish telah selesai.

Demikian penjelasan mengenai pembuatan buku digital dengan menggunakan 3D Page Flip Profesional, semoga bermanfaat.












































DAFTAR PUSTAKA



Tn. (2015). Pengertian Buku Digital (ebook), Fungsi Tujuan dan Formatnya. (online). Tersedia di: http://blogsimulasidigital.blogspot.com/2015/12/pengertian-buku-digital-ebook-fungsi.html. (13 Juni 2018)

Railsa. (2015). Membuat Bahan Ajar 3D PageFlip Professional. (online). Terdapat di: https://railsacantik.wordpress.com/2015/10/09/membuat-bahan-ajar-3d-pageflip-professional/. (13 Juni 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN M-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI HOT LAVA MOBILE

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT M-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN HOT LAVA JAVA Untuk bisa membuat M-Learning dengan menggunakan Hot Lava, maka pe...