Minggu, 11 Maret 2018

Komputer dan Guru



Komputer dan Guru

Pada era Millenial ini, komputer merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Baik itu untuk pekerjaan, pembelajaran atau bahkan hanya untuk hiburan saja. Penggunaan komputer dewasa ini dianggap sudah lumrah dan tidak asing lagi. Dimana-mana masyarakat sudah bisa menggunakan dan memanfaatkan komputer mulai dari masyarakat golongan atas sampai dengan masyarakat golongan bawah, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Baik itu di perkotaan maupun di pedesaan, semuanya menggunakan komputer. Adapun pengertian komputer menurut beberapa ahli, diantaranya sebagai berikut:
1.     C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky
Komputer didefinisikan sebagai sebuah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.
2.    American Standard Institute
Komputer pada dasarnya merupakan suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yag besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia untuk mengoperasikannya selama pemrosesan.
3.    Wimatra, dkk (2008)
Komputer adalah suatu sistem perangkat elektronik yang memilki tujuan untuk melakukan proses pengolahan data, yang kemudian dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna.
4.   Arif Susanto
Komputer adalah sekelompok alat elektronik yang terdiri atas perintah input, alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberikan informasi serta bekerja secara otomatis.
Disebutkan pula bahwa komputer berasal dari bahasa Latin, yaitu Computare. Computare sendiri memiliki arti untuk menghitung. Pada awalnya, kata ini ditujukan bagi mereka yang memiliki pekerjaan untuk melakukan perhitungan aritmatika, baik secara manual maupun menggunakan alat bantu hitung.
5.    Robert H. Blissmer
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
6.    Donald H. Sanders
Komputer merupakan suatu sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
7.    William M. Fouri
Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yg dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat termasuk perhitungan arithmatika yg besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia yang mengoperasikan selama pemrosesan.
8.    Gordon B. Davis
Komputer adalah merupakan suatu tipe khusus dari alat penghitung uang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
9.    Elias M.Awad
Komputer adalah suatu alat hitung yang memiliki kegunaan dan juga fungsi untuk memproses data yang kemudian dapat disajikan dalam bentuk data, baik secara digital, maupun secara analog.
10. Larry Long dan Nancy Long
Komputer adalah sebuah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan dan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik.
11.  Williams Sawyer
Komputer merupakan sebuah mesin multiguna yang dapat dilakukan pemrograman, dan dapat diprogram, dimana mesin – mesin tersebut dapat meerima data berupa fakta dan gambar kasar, lalu kemudian memproses atau memanipulasi data tersebut menjadi sebuah informasi yang bisa digunakan oleh usernya.
12. Jhon J. Longkutoy
Komputer adalah suatu alat atau mesin pemecah persoalan dan atau sebuah mesin dan alat pengolah data yang mana dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan dan juga berguna bagi usernya.
13.      Deni Darmawan dalam bukunya yang berjudul Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi: Teori dan Aplikasi (2013: 65) menyatakan bahwa komputer merupakan peralatan elektronik yang bekerja secara koordinatif dan integratif berdasarkan program, dapat menerima masukan berupa data, mengolahnya dalam memori, dan menampilkan hasil berupa informasi.
Adapun guru di sini adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
Guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dengan kualifikasi formal. Dalam definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru dapat juga dianggap seorang guru.
Secara formal, guru adalah seorang pengajar di sekolah negeri ataupun swasta yang memiliki kemampuan berdasarkan latar belakang pendidikan formal minimal berstatus sarjana, dan telah memiliki ketetapan hukum yang sah sebagai guru berdasarkan undang-undang guru dan dosen yang berlaku di Indonesia.
Titang Nurdin di dalam blog-nya mengatakan bahwa pada umumnya dalam bidang pendidikan, penggunaan teknologi berbasis komputer merupakan cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikroprosesor, di mana informasi atau materi yang disampaikan disimpan dalam bentuk digital. Bukan dalam bentuk cetakan. Berbagai jenis aplikasi teknologi komputer dalam pendidikan umumnya dikenal dengan istilah “Computer Asissted Instruction (CAI)” atau Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK).
Selain memiliki keistimewaan pembelajaran berbantuan komputer menurut Nasution (1994) mempunyai sejumlah keuntungan, diantaranya adalah sebagai berikut.
ü  Komputer dapat membantu peserta didik dan guru dalam pembelajaran, karena komputer itu, “sabar, cermat, mempunyai ingatan yang sempurna.” Computer sesuai sekali untuk latihan dan remedial teaching, mengingat tak ada guru yang dapat memberikan latihan tanpa jemu-jemunya seperti komputer.
ü  Pembelajaran  berbantuan komputer memiliki banyak kemampuan yang dapat dimanfaatkan segera seperti membuat hitungan atau mereproduksi grafik, gambar, dan memberikan bermacam-macam informasi yang tak mungkin dikuasai oleh manusia manapun.
ü  Pembelajaran berbantuan komputer sangat fleksibel dalam mengajar dan dapat diatur menurut keinginan perancang pengajaran atau penyusunan kurikulum.
ü  Pembelajaran berbantuan komputer dan mengajar oleh guru dapat saling melengkapi. Apabila komputer tidak dapat menjawab pertanyaan peserta didik, dengan sendirinya guru akan menjawabnya. Adakalanya komputer dapat memberi jawaban yang tidak dapat dengan segera dijawab oleh guru.
ü  Selain itu komputer dapat pula menilai hasil belajar setiap peserta didik dengan segera.
ü  Dengan adanya keistimewaan komputer, sistem-sistem komputer  dapat menyampaikan pengajaran secara langsung kepada para peserta didik melalui cara berinteraksi dengan mata pelajaran yang diprogramkan ke dalam sistem. (http://titangnurdin7201.blogspot.co.id/2014/10/manfaat-komputer-bagi-profesi-guru.html)
Dari penjelasan di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Komputer pada dasarnya merupakan sebuah mesin elektronik yang memiliki fungsi utama untuk melakukan proses penghitungan (to compute). Komputer membutuhkan perangkat brainware, hardware dan juga software, yang merupakan elemen dari sebuah komputer untuk dapat bekerja mengolah, memanipulasi, dan juga merubah sebuah data menjadi informasi yang berguna. Komputer dapat menyajikan output berupa informasi dalam bentuk analog maupun digital.
Komputer sebagai hasil cipta rasa dan karsa  manusia sangat berguna bagi kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan, komputer merupakan salah satu alat pendidikan yang sangat penting terutama dalam pembelajaran. Dimana komputer ini bisa digunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi atau materi ajar kepada peserta didik. Selain itu, komputer dapat juga digunakan sebagai media yang memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri dalam memahami suatu konsep. Hal ini sangat memungkinkan karena komputer mempunyai kemampuan mengkombinasikan teks, suara, warna, gambar, gerak dan video serta membuat suatu kepintaran yang sanggup menyajikan proses interaktif.


Sumber Referensi

Buku:
Darmawan, Deni. 2017. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Darmawan, Deni. 2013. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi: Teori dan Aplikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Darmawan, Deni. 2014. Inovasi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Abdulhak, Ishak dan Deni Darmawan. 2013. Teknologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Surya, Mohamad. 2015. Psikologi Guru: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta
Mudlofir, Ali dan Evi F. Rusydiyah. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 

Blogspot:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN M-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI HOT LAVA MOBILE

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT M-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN HOT LAVA JAVA Untuk bisa membuat M-Learning dengan menggunakan Hot Lava, maka pe...