Komputer
dan Guru
Pada era
Millenial ini, komputer merupakan salah satu alat yang digunakan untuk
mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Baik itu untuk pekerjaan,
pembelajaran atau bahkan hanya untuk hiburan saja. Penggunaan komputer dewasa
ini dianggap sudah lumrah dan tidak asing lagi. Dimana-mana masyarakat sudah
bisa menggunakan dan memanfaatkan komputer mulai dari masyarakat golongan atas
sampai dengan masyarakat golongan bawah, mulai dari anak kecil sampai orang
dewasa. Baik itu di perkotaan maupun di pedesaan, semuanya menggunakan
komputer. Adapun pengertian komputer menurut beberapa ahli, diantaranya sebagai
berikut:
1. C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky
Komputer
didefinisikan sebagai sebuah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat
menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang
tersimpan di memorinya (stored program)
dan menghasilkan output informasi.
2. American Standard Institute
Komputer pada
dasarnya merupakan suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan
perhitungan yag besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar
atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia untuk mengoperasikannya
selama pemrosesan.
3. Wimatra, dkk (2008)
Komputer adalah
suatu sistem perangkat elektronik yang memilki tujuan untuk melakukan proses
pengolahan data, yang kemudian dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna.
4. Arif Susanto
Komputer adalah
sekelompok alat elektronik yang terdiri atas perintah input, alat yang mengolah input,
dan peralatan output yang memberikan
informasi serta bekerja secara otomatis.
Disebutkan pula
bahwa komputer berasal dari bahasa Latin, yaitu Computare. Computare
sendiri memiliki arti untuk menghitung. Pada awalnya, kata ini ditujukan bagi
mereka yang memiliki pekerjaan untuk melakukan perhitungan aritmatika, baik
secara manual maupun menggunakan alat bantu hitung.
5. Robert H. Blissmer
Komputer adalah
suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah
dan hasil pengolahan, serta menyediakan output
dalam bentuk informasi.
6. Donald H. Sanders
Komputer
merupakan suatu sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat
serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan
menyimpan data input, memprosesnya
dan menghasilkan output dibawah
pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-instruksi program yang tersimpan di
memori (stored program).
7. William M. Fouri
Komputer adalah
suatu pemroses data (data processor)
yg dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat termasuk perhitungan
arithmatika yg besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia yang
mengoperasikan selama pemrosesan.
8. Gordon B. Davis
Komputer adalah
merupakan suatu tipe khusus dari alat penghitung uang mempunyai sifat tertentu
yang pasti.
9. Elias M.Awad
Komputer adalah
suatu alat hitung yang memiliki kegunaan dan juga fungsi untuk memproses data
yang kemudian dapat disajikan dalam bentuk data, baik secara digital, maupun
secara analog.
10. Larry Long dan Nancy Long
Komputer adalah
sebuah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan dan juga
melaksanakan perintah program untuk input,
output, perhitungan, dan
operasi-operasi logik.
11. Williams Sawyer
Komputer
merupakan sebuah mesin multiguna yang dapat dilakukan pemrograman, dan dapat diprogram,
dimana mesin – mesin tersebut dapat meerima data berupa fakta dan gambar kasar,
lalu kemudian memproses atau memanipulasi data tersebut menjadi sebuah informasi
yang bisa digunakan oleh usernya.
12. Jhon J. Longkutoy
Komputer adalah
suatu alat atau mesin pemecah persoalan dan atau sebuah mesin dan alat pengolah
data yang mana dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan dan juga
berguna bagi usernya.
13.
Deni Darmawan
dalam bukunya yang berjudul Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi:
Teori dan Aplikasi (2013: 65) menyatakan bahwa komputer merupakan peralatan
elektronik yang bekerja secara koordinatif dan integratif berdasarkan program,
dapat menerima masukan berupa data, mengolahnya dalam memori, dan menampilkan
hasil berupa informasi.
Adapun guru di sini adalah
seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya
merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing,
mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
Guru adalah pendidik dan pengajar
pada pendidikan anak
usia dini jalur sekolah atau
pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dengan kualifikasi
formal. Dalam definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu hal
yang baru dapat juga dianggap seorang guru.
Secara formal,
guru adalah seorang pengajar di sekolah negeri ataupun swasta yang memiliki
kemampuan berdasarkan latar belakang pendidikan formal minimal berstatus sarjana, dan telah
memiliki ketetapan hukum yang sah sebagai guru berdasarkan undang-undang guru
dan dosen yang berlaku di Indonesia.
Titang Nurdin
di dalam blog-nya mengatakan bahwa pada umumnya dalam bidang pendidikan,
penggunaan teknologi berbasis komputer merupakan cara untuk menghasilkan atau
menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis
mikroprosesor, di mana informasi atau materi yang disampaikan disimpan dalam
bentuk digital. Bukan dalam bentuk cetakan. Berbagai jenis aplikasi teknologi
komputer dalam pendidikan umumnya dikenal dengan istilah “Computer Asissted Instruction (CAI)” atau Pembelajaran Berbantuan
Komputer (PBK).
Selain memiliki
keistimewaan pembelajaran berbantuan komputer menurut Nasution (1994) mempunyai
sejumlah keuntungan, diantaranya adalah sebagai berikut.
ü Komputer dapat membantu peserta didik dan guru dalam
pembelajaran, karena komputer itu, “sabar, cermat, mempunyai ingatan yang
sempurna.” Computer sesuai sekali untuk latihan dan remedial teaching, mengingat tak ada guru yang dapat memberikan
latihan tanpa jemu-jemunya seperti komputer.
ü Pembelajaran
berbantuan komputer memiliki banyak kemampuan yang dapat dimanfaatkan
segera seperti membuat hitungan atau mereproduksi grafik, gambar, dan
memberikan bermacam-macam informasi yang tak mungkin dikuasai oleh manusia
manapun.
ü Pembelajaran berbantuan komputer sangat fleksibel
dalam mengajar dan dapat diatur menurut keinginan perancang pengajaran atau
penyusunan kurikulum.
ü Pembelajaran berbantuan komputer dan mengajar oleh
guru dapat saling melengkapi. Apabila komputer tidak dapat menjawab pertanyaan
peserta didik, dengan sendirinya guru akan menjawabnya. Adakalanya komputer
dapat memberi jawaban yang tidak dapat dengan segera dijawab oleh guru.
ü Selain itu komputer dapat pula menilai hasil belajar
setiap peserta didik dengan segera.
ü Dengan adanya keistimewaan komputer, sistem-sistem
komputer dapat menyampaikan pengajaran
secara langsung kepada para peserta didik melalui cara berinteraksi dengan mata
pelajaran yang diprogramkan ke dalam sistem. (http://titangnurdin7201.blogspot.co.id/2014/10/manfaat-komputer-bagi-profesi-guru.html)
Dari penjelasan
di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Komputer pada dasarnya
merupakan sebuah mesin elektronik yang memiliki fungsi utama untuk melakukan
proses penghitungan (to compute). Komputer
membutuhkan perangkat brainware, hardware
dan juga software, yang merupakan
elemen dari sebuah komputer untuk dapat bekerja mengolah, memanipulasi, dan
juga merubah sebuah data menjadi informasi yang berguna. Komputer dapat
menyajikan output berupa informasi
dalam bentuk analog maupun digital.
Komputer
sebagai hasil cipta rasa
dan karsa manusia sangat berguna bagi kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Dalam
bidang pendidikan, komputer merupakan salah satu alat pendidikan yang sangat
penting terutama dalam pembelajaran. Dimana komputer ini bisa digunakan sebagai
alat untuk menyampaikan informasi atau materi ajar kepada peserta didik. Selain
itu, komputer dapat juga digunakan sebagai media yang memungkinkan peserta
didik belajar secara mandiri dalam memahami suatu konsep. Hal ini sangat
memungkinkan karena komputer mempunyai kemampuan mengkombinasikan teks, suara,
warna, gambar, gerak dan video serta membuat suatu kepintaran yang sanggup
menyajikan proses interaktif.
Sumber
Referensi
Buku:
Darmawan, Deni. 2017. Teknologi Pembelajaran.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Darmawan, Deni. 2013. Pendidikan Teknologi Informasi dan
Komunikasi: Teori dan Aplikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Darmawan, Deni. 2014. Inovasi Pendidikan. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya
Abdulhak, Ishak dan Deni Darmawan. 2013. Teknologi Pendidikan.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Surya, Mohamad. 2015. Psikologi Guru: Konsep dan
Aplikasi. Bandung: Alfabeta
Mudlofir, Ali dan Evi F. Rusydiyah. 2016. Desain Pembelajaran
Inovatif: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Blogspot:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar